PENTINGNYA DUKUNGAN (SOCIAL SUPPORT) ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK
  • NURQUR'AN ANANDA FAUZAN
  • 22 Februari 2024
  • 322 x

Orang tua adalah komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu, dan merupakan hasil  dari sebuah ikatan perkawinan yang sah yang dapat membentuk sebuah keluarga. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan adalah komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap individu di dunia ini sebagai bekal diri dalam menghadapi dunia bermasyarakat. Bukan hanya tentang pengetahuan intelektual tetapi juga sosial, etika maupun adab. Orang tua mempunyai peran penting pada pembentukan perilaku anak. Sebab, Lingkungan pendidikan pertama seorang anak adalah orang tuanya. Dalam hal ini orang tua berkewajiban mendidik, menanamkan nilai-nilai keagamaan serta keyakinan ke dalam hati anak bahwa keimanan dan takwa kepada Allah SWT adalah dasar utama dalam menjalani kehidupan. Sehingga harapannya kedepan, anak dapat tumbuh dengan memiliki karakter yang baik. Selain itu juga orang tua berkewajiban memenuhi kebutuhan dan memberikan dukungan (social support) kepada anak untuk meraih cita-citanya.

Orang tua memiliki dua tugas utama sebagai pendidik pertama anak, yakni memberikan kehangatan dan mengendalikan perilaku anak. Orang tua harus dapat mengkombinasikan dua hal tersebut, karena pendidikan yang sebenarnya adalah kombinasi dari menyenangkan hati anak oleh orang tua dengan stimulasi atau perangsang untuk mengontrol. Jadi, orang tua seharusnya tidak hanya memanjakan anak dengan menyenangkan mereka, tetapi berilah kesempatan pada anak untuk berjuang tanpa melupakan kontrol.

Orang tua yang menaruh perhatian besar terhadap anak- anakya dapat dilihat, misal dengan adanya peringatan-peringatan, teguran-teguran, memperhatikan penyediaan sarana studi dan sebagainya. Orang tua memperhatikan anaknya terutama dalam belajar dapat dilihat dari usaha orang tua untuk memenuhi kebutuhan belajar anaknya, banyak anak yang kurang motivasi belajarnya karena orang tua kurang memperhatikan kebutuhan fasilitas belajar anaknya.

Kewajiban orang tua dalam mendidik anak tersebut tentu telah disadari oleh setiap orang tua bersamaan dengan kesadaran bahwa diri mereka memiliki berbagai keterbatasan untuk mendidik anak-anaknya secara baik. Keterbatasan yang dimiliki para orang tua tersebutlah yang  mengharuskan mereka untuk dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dengan lembaga pendidikan dan lingkungan sosial disekitarnya. Orang tua harus mampu memilah dan memilih lembaga serta lingkungan yang tepat untuk mendukung perkembangan pendidikan anaknya.

Pentingnya dukungan dari orang tua dalam pendidikan anak tidak dapat diremehkan. Dukungan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari dukungan emosional hingga dukungan praktis dalam belajar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa dukungan (social support) dari orang tua penting bagi pendidikan anak, di antaranya;

Pertama, motivasi dan dukungan emosional; Orang tua yang memberikan dukungan kepada anak mereka dapat membantu meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Dengan memberikan pujian, dorongan, dan perhatian positif, orang tua dapat membantu anak merasa percaya diri dan termotivasi untuk mencapai kesuksesan akademik.

Kedua, pembentukan karakter atau kebiasaan; Orang tua sangat berperan penting dalam membantu membentuk karakter positif anak. Melalui komunikasi terbuka serta memberikan pengawasan, orang tua dapat mengajarkan pentingnya pendidikan, kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab kepada anak-anak mereka. Kebiasaan belajar yang baik yang ditanamkan oleh orang tua dapat berlanjut sepanjang hidup anak. 

Ketiga, orang tua sebagai guru; Orang tua dapat berperan sebagai guru bagi anak-anak mereka. Mereka dapat meluangkan waktu untuk membantu anak dalam mengerjakan tugas/PR, mengajarkan keterampilan belajar, dan memberikan penjelasan tambahan saat anak menghadapi kesulitan dalam memahami materi. Dengan cara ini, orang tua dapat membantu anak mengatasi hambatan belajar dan meraih prestasi yang lebih baik.

Tetapi, di zaman yang maju ini banyak sekali orang tua yang hanya mampu memberikan dukungan praktis atau finansial kepada anaknya, Orang tua hanya terfokus untuk memenuhi kebutuhan finansial anaknya seperti memberikan fasilitas-fasilitas untuk menunjang pendidikan anaknya, tetapi mereka lupa bahwa seorang anak juga membutuhkan dukungan secara emosional, sehingga banyak anak dibiarkan tumbuh sendiri tanpa mendapatkan bimbingan dari orang tuanya. Padahal seorang anak sangat membutuhkan perhatian, kasih sayang serta rasa nyaman dari orang tuanya. Terkadang orang tua tidak menyadari hal tersebut mungkin karena mereka terlalu sibuk atau tidak memahami apa yang sebenarnya anak mereka butuhkan.

Orang tua harus lebih memperhatikan anak mereka, memperbaiki komunikasi dengan anak mereka sehingga mereka tau apa yang sebenarnya anak mereka inginkan?  Anak adalah karunia terbesar yang diberikan oleh Allah SWT, maka saat itu orang tua diberikan tanggung jawab yang besar untuk membesarkan dan mendidikan anaknya dengan penuh kasih sayang agar dapat berkembang dengan baik. Orang tua tidak hanya sekedar memberikan anak sebuah pakaian dan makanan saja tetapi juga perhatian, kasih sayang, rasa aman dan kepercayaan kepada anak.

Dalam kesimpulannya, dukungan (social support) orang tua memiliki peranan penting terhadap keberlangsungan pendidikan anak. Dukungan ini membantu anak mengatasi tantangan, membangun harga diri, meningkatkan motivasi, dan membentuk pribadi positif. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk terlibat aktif dalam pendidikan anak mereka dan menyediakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak secara keseluruhan.

Penulis: Nur Qurani Ananda Fauzan, S.Pd.